Tes Wawancara BINTARA TNI AL dan Tips Menghadapinya

 

Tes wawancara BINTARA TNI AL tentu saja dilaksanakan secara lisan pelaksanaannya seperti berbincang-bincang atau mengobrol, bahkan kadang-kadang seperti bercanda akan tetapi hasil tes wawancara sangat menentukan dalam seleksi menjadi anggota . 

 

Sebab tes wawancara itu dapat mengungkap banyak hal seperti sikap motivasi kedewasaan emosional dan kematangan spiritual. tes wawancara juga dapat mengungkap kemampuan akademik dan karakter calon yang belum terungkap dalam tes Akademik.

 

Tes wawancara BINTARA TNI AL mempunyai kesamaan dengan tes mental ideologi lisan keduanya dilaksanakan secara lisan dan dalam bentuk tanya jawab penguji mengajukan pertanyaan dan beserta langsung menjawab karena itu tes wawancara sering dilaksanakan bersamaan dengan tes mental ideologi lisan artinya dalam tes ideologi lisan sekaligus juga dilaksanakan tes wawancara.

 

Dalam Tes Wawancara BINTARA TNI AL calon ditanya tentang jati dirinya misal tentang siapa dia? Bagaimana latar belakang keluarganya? apa kegiatannya sehari-hari? apa visi-misi hidupnya? Apa alasannya masuk ? Bagaimana pendapatnya tentang isu isu sosial terkini dan lain-lain. 

 

 

Hal-hal positif tentang diri calon sangat menentukan hasil wawancara calon yang aktif dalam organisasi kepemudaan dan lingkungan sosial punya jiwa kepemimpinan tanggung jawab serta memiliki wawasan yang baik. biasanya akan sukses dalam tes ini kegiatan rutin yang baik juga mempunyai nilai tambah misal tiap hari bangun pagi sebelum pukul jam 05.00 kemudian menjalankan shalat subuh bagi muslim lalu belajar satu jam olahraga dan seterusnya.

 

 

Kesuksesan tes wawancara akan sangat ditentukan oleh kemampuan calon dalam bercerita atau menjelaskan pengetahuan umum. serta hal-hal positif yang dilakukan setiap hari bisa saja seorang calon nilai Tes Akademik nya tinggi. tetapi dalam wawancara hal itu terjadi karena ia tak dapat “mengemas” dirinya secara baik dalam penampilan dan penyampaian gagasan.

 

 

Saran berikut ini dipertimbangkan Agar kemungkinan berhasil dalam Tes Wawancara BINTARA TNI AL lebih besar :

 

  • Masuklah ke ruangan wawancara dengan tenang, jangan grogi, jangan panik, dan jangan takut, apalagi gemetaran, mengapa? hal itu menyebabkan jawaban anda menjadi tidak terarah. jika grogi berkepanjangan menunjukkan bahwa anda tidak siap dalam menghadapi masalah.

  • Jaga penampilan yaitu berpakaian bersih rapi dan sopan sesuai ketentuan. Tunjukkan bahwa anda adalah orang yang profesional disiplin dan bersemangat itu semua tercermin dari penampilan anda.

  • Duduklah dengan rileks dan sopan, pandangan mata juga rileks dengan menatap si pewawancara, jangan terlalu sering menundukkan (kepala atau melihat ujung sepatu) sebab hal itu menunjukkan bahwa anda pemalu atau kurang berani menghadapi kenyataan.

  • Sebaiknya sebelum wawancara anda mempelajari profil TNI dan Bintara TNI AL, sejarah singkatnya, dan isu-isu terakhir tentang TNI dan Bintara TNI AL. Tunjukkan minat dan semangat untuk menjadi anggota TNI secara profesional. 

  • Tunjukkan pula bahwa anda memiliki wawasan yang luas, bukan saja dalam bidang akademik melainkan juga non akademik, seperti pengetahuan umum yang sangat populer saat ini keluasan wawancara Anda, menunjukkan bahwa Anda haus akan pengetahuan baru.

  • Jawablah pertanyaan dengan tegas, logis, runtut, dan proposional. kemampuan menjawab dengan bahasa yang lancar dan runtut merupakan cermin kemampuan intelektual wawasan dan kemampuan logika.

  • Jawablah semua pertanyaan dengan jujur, tidak bohong, kebohongan akan terlihat dari nada suara pandangan mata dan raut muka kejujuran akan lebih berharga daripada jawaban yang baik-baik tetapi tidak sesuai dengan kenyataan.

  • Jawablah pertanyaan dengan suara yang wajar tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah seimbang dengan suara penanya.

  

Demikian Artikel tentang Tes Wawancara BINTARA TNI AL dan Tips Menghadapinya  ini, Semoga Lolos dan Sukses Tes Wawancara  nya. Semoga Bermanfaat. jangan lupa share ke teman-teman kamu. Terima Kasih

 

 

 

Sumber : Supertrik Lolos Tes TNI POLRI (Asul Wiyanto)

 



Artikel Terkait